DPR Dukung Deklarasi Hak Asasi Petani

KOMISI IV DPR RI mendukung deklarasi hak asasi petani yang kini tengah digodok di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Anggota Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi mengatakan petani merupakan unsur penting bagi sebuah bangsa, khususnya untuk negara yang banyak bergerak di bidang agrobisnis seperti Indonesia. Maka dari itu, sudah sepatutnya hak-hak mereka dipenuhi.

“Petani itu produsen pangan, tanpa petani kita susah makan. Kita kan tidak bisa tanam sendiri. Jadi petani itu pahlawan pangan. Saya sangat mendukung adanya hak asasi petani untuk menjadi sebuah kebijakan nasional,” ujar Yoga kepada Media Indonesia, Rabu (17/5).

Ia menyebutkan, sebagian besar petani di Indonesia adalah masyarakat kecil yang tergolong dalam golongan miskin. “Sebagian besar dari mereka malah menjadi sasaran beras sejahtera, padahal beras itu mereka sendiri yang menanamnya,” lanjutnya.

Jika hak asasi petani akhirnya disahkan, sambung Yoga, bukan tidak mungkin produktivitas daan kinerja pertanian akan terus bertumbuh di masa mendatang. “Karena kesejahteraan petani pasti akan bertambah dan banyak pelaku usaha yang akan masuk ke sektor agrikultur,” paparnya.

Saat ini, mayoritas petani berusia di atas 45 tahun dan jumlahnya pun terus berkurang setiap tahunnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik, dalam 10 tahun terakhir jumlah petani mengalami penurunan dari 31 juta jiwa menjadi 26 juta jiwa. “Tidak banyak yang mau masuk ke sektor ini karena dianggap tidak produktif. Tidak banyak generasi muda yang mau masuk ke dalamnya.”

Dengan adanya hak asasi petani, ia juga berharap lembaga pembiayaan akan lebih gencar masuk ke dalam bisnis tersebut. Karena saat ini hal itulah yang menjadi salah satu persoalan di bidang pertanian Tanah Air.

“Sebenarnya saat ini sudah ada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Jika pemerintah serius mengimplementasikan, saya rasa hak-hak petani akan dapat terpenuhi tanpa terkecuali,” tandasnya. (X-12)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...