DIY Peroleh Penghargaan Terbaik dalam Perencanaan Pembangunan

YOGYAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi terbaik  dalam perencanaan pembangunan yang disebut  Anugerah Pangripta Nusantara 2017.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas Thohir Afandi dalam rilisnya, Rabu (26/4). Sementara itu pemenang kedua dan ketiga masing-masing Provinsi DKI Jakarta dan Sumatera Selatan.

Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara tersebut diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Jakarta, Rabu (26/4).

Kategori dengan Perencanaan terbaik dinilai dengan menggunakan 12 kriteria yang meliputi: keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran, inobasi kebijakan, proses perencanaan teknokratik, prose perencanaan politik, inovasi proses dan program daerah, tampilan dan materi presentasi, serta kemampuan presentasi dan penguasaan materi.

MenteriPPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pada 2018 mendatang,Kementerian PPN/Bappenas merencanakan untuk mengganti penamaan Anugerah Pangripta Nusantara menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) terbaik.

Bambang berharap prestasi tersebut dapat memotivasi semua pemerintah daerah untuk terus meningkatan kualitas perencanaan pembangunan di daerah masing-masing. Selain penghargaan  Kategori Perencanaan Terbaik, juga ada penghargaan Kategori InovasiTerbaik, dan Kategori Peningkatan Tertinggi Kualitas Perencanaan.

Sumber Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...