Di Jambi, Kemendag Temukan Gula Dijual di Atas HET

SAAT melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisonal dan swalayan di Jambi, Kamis (20/4) jajaran Kementerian Perdagangan RI yang dikomandoi Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto, menemukan harga gula pasir dijual di atas HET (harga eceran tertinggi) yang dipatok pemerintah Rp 12.500 per kilogram.

Penjualan gula pasir diatas HET tersebut ditemukan Suhanto dan jajaran petinggi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi di Swalayan Meranti, yang berlokasi di kawasan Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

“Masih di atas HET. Pengelolanya sudah kita beri tahu bahwa harga itu menyalahi aturan. Pengelolanya berjanji akan menurunkannnya sesuai HET. Kalau diindahkan, selain bakal kena sanksi pemerintah, otomatis akan rugi sendiri karena konsumen di tempat lain, yang menjual gula pasir yang sesuai HET,” kata Suhanto kepada Media Indonesia, Kamis (20/4).

Pengamatan Media Indonesia di pasar swalayan terbilang besar di Kota Jambi itu, gula pasir yang dikemas dengan merk Gulaku dipasangi label harga Rp 14.500 per kilogram. Sementara untuk gula pasir tanpa label merk dipatok Rp 12.900 per kilogram.

Sementara itu untuk komoditi kebutuhan pokok yang di bawah kendali pemerintah, yakni minyak goreng, dan daging sapi beku, dari penyisiran Suhanto Cs ke sejumlah ritel modern di Kota Jambi sudah dijual sesuai harga HET, yakni Rp11 ribu per kilogram untuk minyak kemasan sederhana dan Rp 80ribu per kilogram untuk daging sapi beku.

Suhanto menjelaskan, penetapan HET ketiga komoditi tersebut merupakan buah dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Kemendag dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dengan distributor gula, minyak goreng, dan daging baru-baru ini di Jakarta.

“Makanya kita langsung turun ke dearah-daerah untuk mengeceknya,” kata Suharto.

Ia menjelaskan, penetapan HET yang disosialisasikan oleh jajaran Kemendag tersebut tidak akan merugikan dunia usaha karena dimaksudkan mewujudkan titik keseimbangan harga di pasaran dengan kepetingan rakyat yang cenderung digamangkan terjadinya lonjakan setiap memasuki bulan puasa, terutama untuk komoditi gula pasir, minyak goreng dan daging sapi.

Selain menyosialisasikan masalah HET gula pasir, minyak goreng dan daging sapi beku, menurut Suhanto kunjungan kerjanya ke Jambi juga untuk menyebarluaskan kebijakan pemerintah, yang meminta kepada segenap pedagang distributor untuk melaporkan stoknya per tanggal 15 bulan berjalan.

“Kebijakan ini untuk mengontrol harga kebutuhan pokok di pasaran. Tidak hanya untuk menghadapi bulan puasa, terus berkesinambungan untuk menjamin konsumen dari kemungkinan para spekulan,” sebut Suhanto yang selama berkeliling Kamis kemarin mengenakan tanjak, petutup kepala pria khas Jambi.

Sementara itu dari peninjauan ke Pasar Angso Duo, pasar tradisonal terbesar di Kota Jambi, Kamis (20/4), jajaran Kemendag mendapati persediaan dan harga berbagai komoditi pokok, seperti daging sapi segar, beras, minyak curah, daging ayam, telur, bawang merah dan lainnya, relatif stabil dan mencukupi.

Begitu juga saat mengecek persedian sembako ke gudang Depot Logistik milik Divre Bulog Jambi dan sejumlah gudang pengusaha sembako di Kota Jambi, Suhanto menemukan stok beras, minyak goreng, gula pasir dan komoditi lainnya mencukupi.

Harga daging sapi segar, misalnya, Kemarin diperjualbelikan Rp120 ribu untuk daging kelas satu, sedangkan untuk daging kelas dua seharga Rp60 ribu per kilogram. Begitu pula dagig ayam, dijual dengan harga Rp22 ribu. Begitu pula cabai merah, di pasar Angso Duo dijual dengan kisaran harga 15 ribu sampai Rp 18 ribu per kilogram.

“Melalui kunjungan ini kita ingin meyakinkan masyarakat di Jambi, tidak perlu panik menghadapi bulan puasa. Persediaannya mencukupi dan harga jual terkendali,” katanya.

Sementara itu Kepala Devisi Regional Bulog, Efdal, meyakinkan persediaan beras di Jambi mencukupi untuk kebutuhan enam bulan ke depan.

“Stok kita sekitar 11 ribu ton, cukup untuk enam bulan ke depan, termasuk menghadapi kebutuhan selama bulan puasa,” kata Efdal. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...