Dedi Geram soal Modus Bon Fiktif Dana Desa

BUPATI Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mul­yadi geram dengan kepala desa yang kerap membuat kuitansi pembelian barang fiktif menggunakan dana desa.

Karena itu, Dedi, kemarin, mengumpulkan para kepala desa untuk mengingatkan pengawalan realisasi dana desa.

Dia mewanti-wanti kepala desa jangan sampai menggunakan dana desa tidak sesuai dengan peruntukan.

Dedi menekankan pentingnya tanggung jawab para kepala desa dari segi administratif ataupun kualitas pekerjaan.

“Ini penting agar penggunaan dana desa melahirkan manfaat tanpa terbebani oleh masalah yang mencederai penggunaan dana tersebut.”

Dari segi administratif, Dedi membahas permainan yang sering kali dilakukan aparat dengan membuat kuitansi fiktif pembelian barang. Padahal, barang tersebut tidak pernah dibeli.

“Awas, ini harus teliti, besar atau kecilnya dana harus ada pertanggungjawabannya. Jangan sekali-kali uang rakyat ini diselewengkan apalagi dengan kebohongan menggunakan bon fiktif,” tegas Dedi.

Selain itu, kata Dedi, hasil pekerjaan harus sesuai dengan klasifikasi agar tidak bermasalah di kemudian hari. “Kalau pihak kejaksaan memeriksa, ya, jangan takut. Sambut dengan baik. Makanya pekerjaan harus benar, fokus, dan sesuai dengan klasifikasi.”

Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Panggung Lestari Desa Panggungharjo, Kecamat­an Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan PT Tirta Investama (Danone Aqua) meresmikan pengembangan R-UCO (Rerfined Used Cooking Oil).

Minyak jelantah yang telah dirafinasi akan menjadi bahan bakar pengganti solar atau minyak diesel untuk mesin industri di lingkungan PT Tirta Investama di Klaten, Jawa Tengah.

Direktur Pembangunan Berkelanjutan Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan program pengembangan R-UCO merupakan bagian dari komitmen Danone Aqua dalam mitigasi perubahan iklim dengan menetapkan target emisi karbon nol pada 2050. (RZ/AU/N-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...