Dana Alokasi Khusus dan Dana Desa Dicairkan untuk 493 Daerah

JAKARTA – Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengatakan, pemerintah menyalurkan dana alokasi khusus (DAK) fisik dan dana desa tahap pertama hari ini. Jumlahnya mencapai Rp 28,6 triliun.

Dari total dana tersebut, DAK fisik yang ditransfer hari ini sebesar Rp 15,4 triliun dari pagu penyaluran tahap pertama sebesar Rp 17,6 triliun.

Sementara dana desa yang ditransfer sebesar Rp 13,2 triliun dari pagu penyaluran tahap pertama sebesar Rp 36 triliun.

“DAK fisik yang disalurkan itu melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk 493 daerah yang sudah memenuhi persyaratan. Sementara, 48 daerah lainnya belum sehingga belum dilakukan penyaluran,” kata Boediarso saat konferensi pers di Kantor Kemkeu, Kamis (13/4/2017).

Di APBN 2017 disebutkan, pemerintah menganggarkan dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 764,9 triliun, sedikit lebih rendah dari tahun lalu yang sebesar Rp 776,3 triliun.

Dari angka tersebut, pagu dana transfer ke daerah ditetapkan sebesar Rp 704,9 triluun, lebih rendah dari pagu tahun sebelumnya yang sebesar Rp 729,3 triliun.

Sementara pagu anggaran dana desa tahun ini ditetapkan sebesar Rp 60 triliun, yang jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 47 triliun.

Boediarso mengatakan, hingga 12 April lalu, pemerintah sebenarnya telah merealisasikan penyaluran dana transfer ke daerah sebesar Rp 197,5 triliun, meski ia tak menyebutkan rinciannya.

Dengan penyaluran yang dilakukan hari ini, maka total realisasi penyaluran dana transfer ke daerah dan dana desamencapai Rp 226,1 triliun.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...