Daftar BPJS Kini Bisa di Kelurahan

BADAN Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam rangka memperluas akses pendaftaran bagi masyarakat.

Dengan kerja sama itu, masyarakat bisa daftar sebagai anggota BPJS di kantor-kantor kelurahan yang tersebar di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“Sebanyak 267 kantor kelurahan di DKI Jakarta siap menerima pendaftaran calon peserta jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS),” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seusai penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/4).

Ke depannya, ia melanjutkan, secara bertahap kantor kelurahan juga dapat melayani pendaftaran dari pekerja bukan penerima upah (PBPU) yang mendapat rekomendasi Dinas Sosial DKI Jakarta, warga negara asing (WNA), calon bayi, pekerja penerima upah (PPU), pengalihan jenis kepesertaan, dan penambahan kepesertaan anggota keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan Andayani Budi Lestari menuturkan pendaftaran yang dilakukan di kantor-kantor kelurahan itu tidak dikenai biaya administrasi.

Untuk sementara, pendaftaran baru berlaku untuk calon peserta PBPU dan peserta perorangan.

“Pendaftaran peserta JKN-KIS PBPU tidak hanya berla-ku bagi pemegang KTP atau KK DKI Jakarta, tetapi juga warga yang berdomisili di Jakarta, yang memiliki identitas kependudukan di luar DKI Jakarta,” tutur Andayani.

Khusus bagi warga yang tinggal di Jakarta, tetapi beridentitas di luar Jakarta, sambung dia, pendaftarannya menggunakan aplikasi BPJS Care dengan mengisi alamat surat-menyurat untuk pengiriman kartu, nomor telepon, dan alamat surat elektronik. (Aya/J-1)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...