Daerah Harus Ramah Investasi

PEMERINTAH akan fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur dan investasi. Dua hal itu diharapkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi pada 2018, sekaligus mengurangi ketimpangan yang ada antar-individu ataupun antarwilayah.

Penegasan itu disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro di Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2018 dapat mencapai kisaran 5,4%-6,1% atau pada titik 5,6%. Menurutnya, ada dua kata kunci tema rencana kerja pemerintah (RKP) 2017, yaitu investasi dan infrastruktur.

“Kita berharap dengan fokus pada investasi dan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi 2018 menjadi lebih baik karena disertai dengan pe-merataan. Itu artinya, pertumbuhan yang ada adalah pertumbuhan yang berkualitas,” tutur Bambang.

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 2018, Bambang berharap para gubernur dan bupati/wali kota memastikan terciptanya iklim usaha di daerah yang kondusif dan bersahabat untuk investasi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan tidak membuat peraturan yang terlalu banyak dan memberatkan para investor.

“Investor itu bisa memilih. Kalau tidak nyaman dengan kebijakan satu daerah, dia bisa pindah ke daerah lain untuk berinvestasi. Atau kalau investor melihat iklim bisnis di Indonesia kurang kondusif, dia bisa memutuskan berinvestasi di luar,” jelasnya.

Bila banyak investor lari ke luar negeri, Indonesia yang menanggung kerugian besar.

Selain membuat regulasi yang ramah investasi, ungkap Bambang, pemerintah daerah juga harus bisa menyiapkan sarana pendukung untuk investasi. Antara lain dengan membangun infrastruktur seperti sarana jalan, air bersih, hingga infrastruktur tenaga listrik.

“Dengan ketersediaan infrastruktur akan menjadi lebih mudah untuk menarik investasi,” kata Bambang. RKP 2018 merupakan rencana kerja yang sangat kritikal karena harus bisa diwujudkan seluruh target pemerintah sejak awal direncanakan.

“RKP 2018 merupakan proses pemantapan dan proses penyelesaian target pemerintahan Jokowi-JK,” tegasnya. (HT/N-3)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...