Converter Kit bagi Nelayan Dibagikan Tahun Ini

PEMERINTAH menargetkan pembagian 30 ribu converter kit untuk nelayan pada tahun ini. Pembagian alat konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas itu diberikan kepada nelayan yang memiliki kapal dengan ukuran di bawah 5 gross tonnage (GT). “Insya Allah dibagikan (paket converter kit) di bulan-bulan Juli atau Agustus untuk berbagai daerah. Untuk tahap pertama, kurang lebih 16 ribu unit,” tutur Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Alimuddin Baso dalam ke-terangannya, Jumat (1/6).

Semula, pemerintah berencana membagikan sekitar 24 ribu unit. Namun, dengan adanya tambahan dana ataupun efisiensi, jumlah converter kit yang dibagikan pun bertambah. “Memang belum tahu angka persisnya, tapi bertambah menjadi sekitar 30 ribu unit. Selain kita memanfaatkan dari anggaran, kita tambahkan (dananya) supaya lebih banyak nelayan yang mendapat manfaat,” jelas dia. Tidak hanya converter kit untuk nelayan, pemerintah juga akan meningkatkan jumlah sambungan rumah (SR) yang mendapat jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas).

Penambahan dilakukan di daerah-daerah yang telah terpasang jargas sebelumnya. Jumlah penambahan jargas juga masih dalam proses perhitungan karena terkait dengan penyelesaian pelaksanaan kegiatan yang ber-akhir pada Desember 2017. “Waktu kita tugaskan ke PT Pertamina (persero) yang tambahan, dia sangat concern (tentang) waktunya. Kalau dia lelang, kalau tidak selesai, jadi soal lagi nantinya. Kita ingin pastikan itu.”

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan selain converter kit, nelayan juga mendapat paket tabung elpiji 3 kilogram beserta isinya plus pemasangan. Selain dibagikan kepada nelayan yang memiliki kapal di bawah 5 GT, kriteria lain yang harus dipenuhi ialah nelayan tersebut memiliki bahan bakar bensin atau solar, dan kapal yang digunakan memiliki daya mesin di bawah 13 horse power. Adapun jenis alat tangkap yang digunakan ialah alat tangkap yang ramah lingkungan.

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...