Bupati Semarang: Orang Gila Kok Bisa Bikin Bom Molotov…

AMBARAWA, Bupati Semarang Mundjirin meminta semua pihak tidak menganggap enteng insiden ledakan menjelang Misa Kamis Putih di Gereja Jago Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (14/4/2017) lalu.

Orang nomor satu di Kabupaten Semarang ini mendesak agar dilakukan pengusutan siapa pihak dibelakang terduga pelaku yang dinyatakan menderita gangguan jiwa tersebut.

“Jangan dianggap enteng, jangan percaya begitu saja. Tetap harus diusut betul-betul apakah pelaku orang gila atau bukan. Kalau orang gila kok bisa bikin bom molotov,” kata Mundjirin, Minggu (16/4/2017) malam.

Mundjirin bersyukur kendati terjadi insiden ledakan, namun rangkaian peribadatan Paskah di Kabupaten Semarang berjalan lancar serta kondusif.

Belajar dari peristiwa ini, ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan melaporkan bila ada gerakan sekecil apapun yang mencurigakan di lingkungannya masing-masing.

“Apalagi sekarang lebih mudah sudah ada WA. Silahkan pak RT, RW, kadus dan kades melapor bila ada orang mencurigakan,” ujarnya.

Ledakan terjadi di Gereja Katolik Santo Yusup di Jalan Mgr Sugiyapranata, Ambarawa, Jawa Tengah, Kamis (13/4/2017) sekitar pukul 14.00 WIB. Menurut polisi, ledakan tersebut berasal dari petasan yang dimasukkan ke dalam botol kaca.

“Ledakan tersebut terbuat dari botol Kratingdaeng yang diisi petasan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto saat dikonfirmasi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, ledakan tersebut cukup mengagetkan sebagian umat yang tengah mempersiapkan ibadah misa kamis putih di Gereja Jago, sebutan lain dari Gereja Santo Yusup. Mereka pun mendatangi sumber suara di pintu selatan gereja.

“Awalnya saya kira suara petasan, tapi kok berulang-ulang. Setelah di cek di gerbang selatan ternyata ada apinya dan banyak botol-botol disitu,” kata Eko Setia Budi (50), karyawan Gereja Jago.

Sumber KOMPAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...