Bulog Glontorkan Beras ke Sejumlah Daerah

MENDEKATI Bulan Ramadan , Perum Bulog mengirim beras dan Gula sejumlah daerah di Indonesia, yang dipasok langsung dari Jawa Timur.

Pelepasan pengiriman dilakukan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Djohansyah, Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Timur Usep Karyana, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan Direktur SDM & Umum Bulog RI Wahyu Suparyono di Surabaya, Kamis (20/4).

Beras dan gula ke lima provinsi, yakni Papua, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Jambi dan Sumatera Utara. Beras 66 ton sedangkan gula 22 ton.

“Pengiriman ini untuk menyesauaikan permintaan kebutuhan beras di wilayah tersebut, sehingga saat puasa dan lebaran stok terpenuhi,” kata Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Timur Usep Karyana.

Selama ini, stok beras di Jawa Timur mencapai 570 ribu ton, dan stok gula mencapai 175 ribu ton, jumlah tersebut lebih dari cukup sehingga sisanya bisa dikirim ke daerah lain.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita memastikan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok stabil dan aman di Jawa Timur.

Selain itu, Mendag pun mengapresiasi para pelaku usaha Toko Swalayan yang menjaga komitmennya dalam mematuhi kesepakatan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai upaya menjaga kestabilan harga menjelang Ramadan dan Lebaran, sejumlah langkah dilakukan yaitu, memperkuat informasi harga dan stok melalui Siskaperbapo, serta penempatan TV di pasar rakyat sebagai media informasi harga.

Penguatan data dan informasi yang terkait pergerakan komoditas yang saat ini digagas Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Sistem Informasi Perdagangan Antar Provinsi untuk memperkuat konektivitas antardaerah dan mendorong terwujudnya tata niaga pangan yang efektif dan efisien, serta terjaganya kesinambungan pasokan dan harga. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...