BSI Dukung Budidaya Lobster Air Tawar

JAKARTA — PT Bumi Suksesindo (BSI) mengadakan pelatihan budidaya lobster air tawar pada Senin-Selasa (10-11/4/2017) dengan menghadirkan pemateri dari Fosfarm Mojokerto, Ayu Nacita.

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 30 peserta bertempat di rumah salah satu warga Pulau Merah, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Para peserta pelatihan merupakan warga sekitar tambang dan mantan karyawan PT BSI yang telah habis masa kontraknya beberapa waktu lalu.

Menurut Corporate Communications Manager PT BSI, T. Mufizar Mahmud, pemilihan budidaya lobster air tawar karena usaha perikanan bukan sesuatu yang asing bagi warga sekitar tambang.

Di samping itu, pemeliharaannya yang relatif mudah dan pangsa pasar yang lumayan luas, juga menjadi dasar pertimbangan.

“Kami memilih program-program yang dapat dilakukan oleh masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara berkesinambungan,” kata Mufizar.

Fokus pelatihan adalah untuk memperkenalkan teknik budidaya dan pemasaran lobster air tawar kepada peserta. Bukan hanya mengenal teori budidaya lobster air tawar saja, peserta akan diajak untuk praktek secara langsung bagaimana memelihara lobster dengan baik. Di samping itu, semua peserta akan diberi indukan dan anakan lobster untuk dipelihara sendiri di rumah, sekaligus untuk merangsang mereka segera memulai usaha baru di bidang budidaya lobster air tawar.

Mufizar menjelaskan lebih jauh bahwa program pelatihan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT BSI di bidang pemberdayaan ekonomi. Tujuannya adalah untuk meningkatan sumber pendapatan dan menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat sekitar area tambang BSI. PT BSI secara berkesinambungan terus menjalankan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat selain programprogram CSR lainnya.

Sumber Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...