BPS Sokong Pernyataan Jokowi soal Pertumbuhan Ekonomi RI

BADAN Pusat Statistik (BPS) mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi ke-3 di antara negara-negara G-20.

Pernyataan Jokowi sekaligus menjawab tudingan Kolumnis South China Morning Post Jake Van Der Kamp yang menilai konyol dan menjadi alat politik pemerintah untuk mengklaim kesuksesan ekonomi.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan jika dilihat menurut G20 capaian tahun lalu, Indonesia memang berada di urutan ketiga dengan capaian 5,02% di mana lebih rendah dari India yang tumbuh 7,10%, dan Tiongkok yang tumbuh 6,69%.

“Yang mengkritik tidak melihat bahan slide Pak Jokowi, yang ditayangkan Pak Jokowi adalah pertumbuhan untuk G20. Dan kalau dilihat di G20, memang pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 sebesar 5,02% memang ada di posisi ketiga,” kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (5/5).

Sementara negara G20 lainnya seperti Turki, Korea, Australia, Meksiko, Belanda, Jerman, Inggris, OECD, Uni Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Swiss, Prancis, Jepang, Italia, Rusia, dan Brasil pertumbuhannya ada di bawah Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sri Soelistiowati mengatakan memang di kawasan atau ASEAN, Indonesia menempati posisi keenam di bawah Kamboja yang tumbuh 7,00%, Filipina 6,84%, Laos 6,80%, Vietnam 6,68%, dan Myanmar 6,40%.

Sementara di bawah Indonesia ada Malaysia 4,24%, Thailand 3,20%, Singapura 2,00%, dan Brunei Darussalam 1,00%.

Sri mengatakan karena tak semua negara ASEAN masuk ke G20. Hanya Indonesia yang ada di dalamnya. Dia bilang, negara yang tergabung di G20 merupakan negara yang pangsa pasarnya besar.

“Indonesia karena pangsa PDB-nya dari total kue ekonominya sudah menguasai 80% ekonomi dunia sehingga intermarket besar. Kalau salah satu negara ini goyang maka dunia akan goyang maka ini yang dipantau,” jelas Sri. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...