Borobudur Simbol Harmoni dan Toleransi

CANDI Borobudur ialah simbol harmoni dan toleransi umat beragama. Sebagai candi peninggalan agama Buddha, Borobudur saat ini ada di tengah masyarakat muslim dan masih terawat dengan baik.

Demikian disampaikan Presiden Ke-44 Amerika Serikat Barack Obama kepada Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWCBPRB) Edy Setijono, saat mendampingi Obama dan keluarganya naik hingga puncak candi, kemarin.

Obama dan rombongan tiba di kawasan candi pukul 16.35 WIB, kemudian naik lewat pintu barat kenari dan turun pukul 17.18.

Kepada Edy, Obama menceritakan itu merupakan kunjungannya yang kedua. Kunjungan pertama ia lakukan saat masih kecil, ketika menginap di rumah kakak ayah tirinya yang tinggal di kompleks dosen Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Obama sangat terkesan. Ini kunjungannya yang kedua ke Borobudur dan datang bersama keluarganya. Ini sangat indah dan merupakan simbol toleransi,” kata Edy.

Edy berharap kunjungan Obama tersebut berdampak baik bagi pariwisata Borobodur. Kunjungan pemimpin negara lain menandakan candi aman untuk dikunjungi. Mengenai para pengunjung yang kecewa saat diminta turun, lanjutnya, semula ada di antara mereka yang protes. Namun, setelah dijelaskan bahwa tuan rumah harus menyambut baik tamu negara, para pengunjung pun bisa mengerti.

Mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu mendarat di Bandara Adisutjipto DIY pukul 12.30. Obama dan rombongan disambut Gubernur DIY, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda DIY, dan Danrem DIY. Menurut Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari, pihaknya mengerahkan 250 personel untuk pengamanan Obama di Yogyakarta.

Obama, menurut rencana, juga mengunjungi rumah di Jalan Bungur yang dulu ditinggali kakak ayah tirinya. Rumah tersebut sejak 2011 menjadi bagian dari museum UGM. Selama di Yogyakarta, Obama dan keluarga menginap di Hotel Tentrem. Ia dan keluarga menempati presidential suite yang luasnya 273 meter persegi. (TS/FU/AT/X-7)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...