Borobudur Dikembangkan Sebagai Inspirasi Peradaban

PENGEMBANGAN konsep wisata Borobudur terus dikaji. Ke depan, kawasan Borobudur akan dijadikan sebagai museum inspirasi peradaban. Nilai sejarah yang tinggi menjadi modal utama pengembangan konsep tersebut.

“Mengembangkan Borobudur harus tidak boleh mendegradasikannya sebagai world class heritage. Borobudur harus diletakkan sebagai inspiring heritage,” ujar Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) Edy Setijono, dalam rilis yang diterima, Jumat (5/5).

Edy mengatakan, pengembangan Borobudur tidak hanya akan dilakukan dalam bentuk taman hiburan. Namun, lebih ke dalam bentuk museum yang berisi berbagai unsur sejarah dan kebudayaan masyarakat sekitar sejak pertama kali berdiri hingga saat ini.

“Akan dibentuk big library civilization, khasanah perpustakaan peradaban. Harus digali content-nya. Karena Borobudur adalah pusat ilmu pengetahuan dan teknologi peradaban kita di zaman dulu,” ujar Edy.

Untuk mengenalkan konteks tersebut dikatakan Edy, berbagai kegiatan terus dilakukan. Festival atau kegiatan lain dilakukan sebagai bentuk promosi dengan menyertakan unsur-unsur khas Borobudur.

“Salah satunya tema Sounds of Music yang diusung 2016 dengan mengeksplorasi tentang relief yang menggambarkan adanya tekonologi musik dawai. Ternyata, lanjut Edy Setijono, teknologi musik dawai kita sudah advance pada masa itu. Sudah ada peradaban musik pada zaman itu,” ujar Edy.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengayakan tidak lama lagi Badan Otorita Pariwisata (BOP) Borobudur akan terbentuk. Nantinya di sana akan dibangun kawasan otoritatif di jarak 10 kilometer dari pusat candi Borobudur. Kawasan tersebut nantinga juga akan ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

“Pusat amenitasnya nanti ada di sana. Itu jadi kekuatan tidak hanya Borobudur tapi juga Joglosemar,” ungkap Arief Yahya. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...