Beli Polis Asuransi Sesuai Kebutuhan

SEBAGIAN besar pengguna asuransi di Indonesia masih mengalami protection gap, yakni selisih nilai pertanggungan polis asuransi yang dimilikinya dengan biaya kesehatan yang harus dibayarkan saat sakit.

Hal ini diutarakan oleh Direktur Marketing, Komunikasi dan Syariah Prudensial Heraandjani Soemohandojo yang menyoroti fenomena ini sebagai kerentanan di masyarakat.

“Lebih dari 10 juta orang Indonesia punya polis, tapi kebanyakan mereka punya protection gap. Kebanyakan kita punya asuransi kesehatan, tapi kalau sakit masih nombok,” kata Nini usai menggelar buka puasa bersama dengan media dan anak-anak yatim di The Hermitage, Menteng, Jakarta, Selasa (6/6).

Bagi Nini, ini juga mengindikasikan agar agen-agen asuransi bukan hanya perlu ekspansif menawarkan produk asuransi, tetapi juga perlu memperhatikan nasabah asuransinya yang sudah memerlukan ‘upgrade’.

Persoalannya ialah, budaya orang di Indonesia yang dekat dengan keluarga kerap membuat masyarakat saat sakit mengutamakan aspek-aspek di luar biaya medis. Misal, luas kamar dan kenyamanan penunggu.

“Orang Indonesia ini kalau sakit, keluarganya berbondong-bondong datang dan mau menunggu. Kalau kelasnya tidak memadai, tidak ada ruang untu menunggu ini, akhirnya terpaksa nombok,” jelasnya.

Di samping itu, orang Indonesia juga, menurut Nini, gemar membeli manfaat investasi di sampimg proteksi dari sebuah polis asuransi, karenanya mereka lebih menggemari jenis unit link. Namun, unit link acap kali lebih mengutamakan proporsi investasi ketimbang proteksi.

Fenomena inilah yang mendorong prudential mengeluarkan produk tambahan baru April lalu, yakni Pru Health Care Syariah.

“Itu sebetulnya produk tambahan, tetap harus beli produk basisnya,” ujar Nini.

Nini menekankan nasabah prudensial memiliki kebebasan untuk membeli produk maupun rider yang ia minati, baik syariah maupun konvensional. Pihaknya hanya berupaya memberi alternatif saja.

Namun, ia berharap masyarakat lebih peduli untuk membeli polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. (OL-6)
Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...