Bansos Nontunai Cair Mei, Penerima Diimbau Menabung

MENTERI Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sebanyak 6 juta penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantsosial secara non tunai pada akhir Mei 2017. Dana bantuan tersebut disalurkan langsung melalui rekening penerima manfaat yang terintegrasi dengan Kartu Keluarga Sehat (KKS).

Karenanya Khofifah berharap, dana tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para keluarga penerima manfaat dari kalangan fakir miskin. Sebab mereka sendiri yang mempunyai otoritas untuk menggunakan dana bantuan sesuai kebutuhan.

“Masyarakat penerima manfaat sudah bisa belajar mengatur dana bansosnya, dengan mulai berlajar menabung, karena mereka bisa mengakses lembaga perbankan,” kata Menteri Khofifah saat menghadiri rapat koordinasi nasional Program Keluarga Harapan di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (27/4).

Setiap penerima manfaat tersebut, nantinya mendapat bantuan sosial senilai Rp500 ribu. Dana tersebut bisa digunakan bertransaksi atau mencairkannya melalui jaringan E-Warung yang menyediakan beragam kebutuhan pokok. Kartu ini juga terkoneksi dengan jaringan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Khofifah menambahkan, hingga April ini, PKH Nontunai menaungi penerima manfaat pada 98 kota dan 200 kabupaten se-Indonesia. Pada 2018, jumlah penerima ditargetkan naik dari 6 juta menjadi 10 juta orang.

“Sebab pada saat bersamaan juga dilakukan program konversi program beras untuk keluarga sejahtera menjadi bantuan sosian nontunai. Semua sudah terkoneksi dalam KKS. Penerima manfaat juga akan mendapatkan beragam bantuan, seperti subsidi listrik dan gas LPG,” lanjut Khofifah.

Jelang pencairan bansos non tunai, Kemensos kini berfokus pada pemetaan area. Sejumlah desa tempat tinggal penerima manfaat disebut belum terjangkau satelit, atau disebut blank spot. Pemerintah mengupayakan hal tersebut bisa diatasi secepat mungkin.

“Semua sudah harus terkoneksi dengan satelit akhir Mei nanti. Kalau masih tidak terjangkau, Telkom akan sediakan satelit di situ,” Khofifah melanjutkan. (OL-6)

Sumber MediaIndonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...