Awal Mei, Ribuan Jurnalis Mancanegara akan Berkumpul Di Jakarta

RIBUAN jurnalis mancanegara dijadwalkan akan berkumpul di DKI Jakarta pada awal Mei. Pasalnya, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia atau World Press Freedom Day (WPFD) 2017.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, acara yang akan digelar pada 1 hingga 4 Mei 2017 itu akan dihadiri 1.300 jurnalis dari berbagai belahan dunia. Dalam kegiatan itu, rencananya akan ada deklarasi, pembahasan mengenai persoalan pers, dan pemberian penghargaan kepada pahlawan pers dunia.

“Kita akan memasuki suatu event Hari Kebebasan Pers Sedunia. Ini event yang ditunggu-tunggu karena kita menjadi tuan rumah,” kata Rudiantata saat mengkampanyekan acara tersebut di car free day, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (23/4).

Indonesia semestinya menghelat perhelatan internasional ini pada 2014. Namun, lantaran situasi yang belum memungkinan lantaran proses pemilihan umum presiden, maka acara kehormatan ini baru bisa terlaksana pada 2017.

“Saya ajak teman-teman pers Indonesia untuk turur hadir. Akan ada 1.300 jurnalis dalam maupun internasional yang akan terlibat dalam acara ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, Indonesia sebagai guan rumah WPFD 2017 ditunjuk langsung oleh Unesco. Menurutnya, dipilihnya negara tanah air ini lantaran Indonesia merupakan negara majemuk dengan penduduk yang beragam. Selain itu, Indonesia juga dianggap unik lantaran menjadi sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia.

“Kita dipercaya Unesco untuk menyelenggarakan acara ini. Kita ingin mendorong peran penting jurnalisme ini untuk mengabdi kepada publik,” kata Yosep.

Peringatan WPFD 2017 mengambil tema “Critical Minds for Critical Times: Media’s Role In Advancing Peaceful, Just and Inclusive Societies”. Peringatan ini merupakan peringatan yang ke-26 dan pertama kali dilaksanakan di Asia Tenggara setelah 15 tahun diadakan di negara-negara Eropa, Amerika, dan Afrika. (OL-5)

Sumber MediaIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...