Amankan TPS, Panglima TNI Siagakan Pasukan Cadangan

JAKARTA – Prajurit TNI dan Polri akan melakukan penjagaan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) guna memberikan rasa aman bagi warga DKI Jakarta yang akan menggunakan hak pilihnya pada pilkada putaran kedua, Rabu 19 April 2017.

“Warga harus merasa aman dan damai untuk berangkat dari rumah menuju TPS dan melakukan haknya mencoblos atau memilih dan kembali lagi dalam keadaan aman. Oleh karenanya, negara dituntut hadir,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam pengarahannya di hadapan 24.000 personel gabungan dari TNI-Polri, di Ancol, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Menurut Gatot, bila masyarakat merasa takut dan tidak aman, sehingga tidak bisa melaksanakan haknya, maka bisa dikatakan negara tidak hadir.

“Namun, dalam pelaksanaan Pilkada ini negara hadir dengan mengerahkan personel TNI-Polri di setiap TPS di seluruh Jakarta,” kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu.

Panglima TNI juga memastikan warga Jakarta bisa menyalurkan hak pilihnya secara aman dan tanpa tekanan. Ia juga menegaskan negara akan hadir di setiap sudut Jakarta di Pilkada putaran kedua ini.

Gatot menekankan, warga Jakarta akan dijamin keamanannya dalam menyalurkan hak pilihnya dan menjamin bahwa kondisi Jakarta saat ini aman.

“Personel TNI dan Polri juga sudah akan mulai masuk pos TPS masing-masing, mulai siang dan sore ini,” kata Gatot.

Dalam menjamin keamanan Ibukota, Gatot juga menegaskan bahwa tiap instansi telah siap dengan pasukan cadangan.

“Tiap TPS ada personel, dekat TPS ada personel, Pak Kapolri siap dengan pasukan cadangan. Saya pun siap dengan pasukan cadangan, Jakarta aman,” ucap Gatot.

Dalam pengamanan Pilkada DKI ini, TNI dan Polri serta Linmas mengerahkan sebanyak 60 ribu personel, dimana 20 ribu diantaranya dari Polri, dari TNI 15 ribu personil. Sementara sisanya merupakan pasukan cadangan yang bisa digerakkan kapan saja bila kondisi keamanan kurang baik.

Saat pengarahan itu juga hadir Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal mengimbau masyarakat agar memberikan hak suaranya pada pesta demokrasi, besok.

“Kepada masyarakat Jakarta, mari bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan Pilgub DKI putaran kedua besok,” ujarnya kepada Okezone, Selasa (18/4/2017).

Ikbal berharap proses pemungutan hingga penghitungan suara Pilkada DKI besok berjalan aman dan kondusif. Masyarakat diminta membantu menjaga keamanan dan tidak melakukan hal-hal melawan aturan.

“Kami berharap kepada masyarakat dapat menciptakan iklim yang kondusif terutama pada saat pemungutan dan penghitungan suara,” tuturnya.

Sumber Okezone

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...