17 Calon Pejabat Eselon II KPU RI Jalani Tes Psikologi

Jakarta, Sebanyak 17 (tujuh belas) peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon II) Sekretariat Jenderal Komisi (Setjen) Pemilihan Umum (KPU) RI yang sebelumnya telah lolos seleksi administrasi menjalani serangkaian assesmen psikologi. Assesmen tersebut dilakukan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI), Salemba, Jakarta, Rabu (5/4).
 
17 peserta yang dinilai oleh 8 (delapan) assessor dari LPT UI itu akan menjalani serangkaian tes hingga pukul 17.00 WIB. Sesi pertama peserta akan menjalani tes grafis, tes kepribadian, serta konseptual analisis. Sesi berikutnya secara berturut-turut peserta akan menjalani tes tertulis Bahasa Inggris dan kemampuan seputar KPU.
 
Sesi selanjutnya para peserta akan melakukan diskusi kelompok. Di dalam diskusi itu peserta akan dibagi menjadi 3 kelompok. Yakni kelompok yang terdiri dari 7 peserta pengisi jabatan Kepala Biro Perencanaan dan Data; kelompok lainnya terdiri dari 6 peserta; dan 4 peserta yang masing-masing akan mengisi jabatan Kepala Biro Umum.
 
“Nanti dibagi menjadi 3 kelompok. Ada yang 7 peserta untuk yang jabatan di perencanaan dan data, kemudian ada yang 6 dan 4. Itu masing-masing untuk yang jabatan kepala biro umum,” kata Sekar Ayu, Project Officer LPT UI.
 
Sekar menambahkan, LPT UI akan melakukan pengukuran kualifikasi pada 12 indikator penilaian. Dari penilaian masing-masing assessor, hasilnya akan dibawa dalam forum rapat assessor untuk kemudian ditentukan berdasarkan rangking.
 
Dari penilaian itu, LPT UI akan menentukan 3 kriteria yang terdiri dari ‘Disarankan’, ‘Masih Bisa Disarankan’, dan ‘Tidak Disarankan’.
 
“Ada 12 penilaian kompetensi. Penilaiannya berdasarkan masing-masing assessor, kemudian dirapatkan dalam forum internal assessor untuk kemudian ditentukan penilaian dari seluruh assessor, yang hasilnya ‘Disarankan’, ‘Masih Bisa Disarankan’, dan ‘Tidak Disarankan’,” lanjut Sekar.
 
Selain menjalani tes tersebut, para peserta pada 6 April esok akan menjalani wawancara individual dan tugas menyusun makalah. Sekar mengatakan, penyusunan makalah tersebut akan dilakukan on the spot untuk mengukur kemampuan para peserta secara spontan.
 
“Dan untuk tes berikutnya, besok para peserta akan melakukan tes wawancara individual dengan assessor, dan selanjutnya tugas penyusunan makalah yang dilakukan di tempat tes. Ini untuk mengukur kemampuan sebagaimana dengan kompetensi diinginkan oleh KPU,” kata dia.
 
Jika sesuai jadwal, hasil assesmen LPT UI itu akan diserahkan kepada KPU  pada 10 April mendatang. (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Sumber kpu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wasekjen Partai Republik Warsono.

Partai Republik Lolos Verifikasi Administratif KPU

Partai Republik dinyatakan lolos verifikasi administratif partai politik peserta Pemilu tahun 2019 mendatang. Hal tersebut ...